Viraindo (Virajaya) trick
broo, sori saya ampe buat thread beginian....
cuma mau ngebantuin ngungkapin unek-unek temen-temen ane juga yang punya toko di mangdu mall...
mungkin beberapa udah tau, dan beberapa belom tau juga. Kemarin pas temen saya dateng ke kentor saya, kita banyak ngobrol soal kerjaan (saya kerja di bagian QC), trus pada satu kesempatan nyambunglah topik nya ke toko virajaya/viraindo ini...
Beberapa toko udah mulai kesel sama viraindo ini. Bukan karena cara jual mereka yang hampir successful lewat internet (hal ini saya akui, iya) tetapi harga yang mereka patok itu sangat-sangat tidak wajar. udah pada liat di situs nya? di bagian awal terpampang jelas, "DAPATKAN HARGA TERMURAH HANYA DI VIRAINDO.com, kalo ada yang lebih murah silahkan nego dengan marketing kami".
Beberapa user memang sangat gembira, coz masyarakat kita ini sangat sensitif ama yang namanya price/harga. Dimana harga murah, disana tmpat tujuannya. Tapi apa kalian tau jika hal ini membuat para pedagang lain sampai marah? Bukan karena pangsa pasar mereka diambil, tetapi karena MEREKA MENJUAL DENGAN HARGA YANG DIBERIKAN OLEH DISTRIBUTOR LANGSUNG, hanya menaikan 0,25$ (sekitar Rp 2500) per item nya. Kalo dengan harga segini, pedagang lain mana bisa bersaing? Rata-rata margin keuntungan yang diperoleh dari satu item barang berkisar antara 1$-7$. kalo viraindo berani ngasih harga sampai semurah itu, toko-toko lain yang menderita bro. Bayangkan kalian berjualan seperti itu, dari persaingan sehat menjadi tidak sehat. Setiap toko juga butuh untung kan? dengan margin keuntungan yang sekecil itu, tidak akan cukup bagi toko-toko lain menutup biaya operasional mereka. (NE/Nusantara Eradata udah ngeblock semua produk mereka memalui distro utama untuk tidak menjual kepada viraindo, karena hal tersebut)
Satu hal lagi, soal netbook. Acer aspire one ngadain promo, mereka cuci gudang untuk netbook N270 mereka, dilepas seharga $350 per piece. Pembelian 25pc, dapet cash back 1,5juta. Pembelian 50pc, dapet gratis 1 unit.
Viraindo ambil 50pc (dapetnya jadi 51pc), jadi harga satuannya (modal) 350x50:51 = $343. Mereka jual di harga 3,497juta (per hari ini).
Jelas-jelas ini menghalangi toko lain bersaing....toko lain yang ga punya modal sebesar viraindo gak bakal sanggup membeli putus 50unit (ga berani nyetok sampe sebanyak itu). Toko yang hanya menyetok 2-3pieces gak bisa bersaing, wong vira jual di bawah harga retail (350$).
Sewa toko di mangga dua sekitar 400juta per 10tahun (seukuran viraindo gitu). jadi 40juta per tahun, atau 3,3juta per bulan. Anggap aja toko buka sekitar 24 hari, maka beban operasional mereka dalam sehari Rp 137.500 (dibulatkan aja menjadi 140.000). Harga ini belum termasuk listrik, air (900ribu per bulan) dan gaji karyawan (1juta per karyawan). Kira-kira dalam sehari, satu toko membutuhkan keuntungan sekitar 200ribu minimal, inipun hanya menutup modal. Kalo satu barang untungnya cuma 2500 perak, mau jualan seharianpun gak bakal kuat nembus 200ribu.
Viraindo sih anteng-anteng aja..coz mereka udah tenar, udah punya banyak konsumen...tapi bukan berarti dia market leader trus berhak ngatur harga sendiri kan?
Dengan cara ini mereka berusaha untuk merebut hati konsumen, dengan tidak mempedulikan pedagang lain nya....what a dirty trick, i thought.
**Sebenernya hal ini ga bisa disiarin ke publik, karena ini hanyalah seberkas kertas hitam ditengah-tengah maraknya persaingan industri komputer saat ini. Cuma saya sebagai pedagang dan user sendiri, gak bisa nyimpen hal ini sendirian, kasian ama pedagang-pedagang kecil yang lain**
Saya cuma ingin menyampaikan, HAK untuk membeli itu terserah kalian, mau di toko mana aja, CUMA saya meminta agar VIRAINDO hanya dijadikan sebagai harga patokan, belilah di toko lain, walaupun harga lebih mahal 10ribu atau 20ribu, tapi itu sudah cukup membantu buat toko tersebut untuk bertahan hidup.
Saya ga menyebutkan toko temen-temen saya itu, ntar dikira promosi lagi. Cuma inilah sebagian cerita kelam di mangdu mall.
semoga bisa menjadi masukan, mohon maaf kalo kata-katanya tajem, ya memang begitu adanya
cuma mau ngebantuin ngungkapin unek-unek temen-temen ane juga yang punya toko di mangdu mall...
mungkin beberapa udah tau, dan beberapa belom tau juga. Kemarin pas temen saya dateng ke kentor saya, kita banyak ngobrol soal kerjaan (saya kerja di bagian QC), trus pada satu kesempatan nyambunglah topik nya ke toko virajaya/viraindo ini...
Beberapa toko udah mulai kesel sama viraindo ini. Bukan karena cara jual mereka yang hampir successful lewat internet (hal ini saya akui, iya) tetapi harga yang mereka patok itu sangat-sangat tidak wajar. udah pada liat di situs nya? di bagian awal terpampang jelas, "DAPATKAN HARGA TERMURAH HANYA DI VIRAINDO.com, kalo ada yang lebih murah silahkan nego dengan marketing kami".
Beberapa user memang sangat gembira, coz masyarakat kita ini sangat sensitif ama yang namanya price/harga. Dimana harga murah, disana tmpat tujuannya. Tapi apa kalian tau jika hal ini membuat para pedagang lain sampai marah? Bukan karena pangsa pasar mereka diambil, tetapi karena MEREKA MENJUAL DENGAN HARGA YANG DIBERIKAN OLEH DISTRIBUTOR LANGSUNG, hanya menaikan 0,25$ (sekitar Rp 2500) per item nya. Kalo dengan harga segini, pedagang lain mana bisa bersaing? Rata-rata margin keuntungan yang diperoleh dari satu item barang berkisar antara 1$-7$. kalo viraindo berani ngasih harga sampai semurah itu, toko-toko lain yang menderita bro. Bayangkan kalian berjualan seperti itu, dari persaingan sehat menjadi tidak sehat. Setiap toko juga butuh untung kan? dengan margin keuntungan yang sekecil itu, tidak akan cukup bagi toko-toko lain menutup biaya operasional mereka. (NE/Nusantara Eradata udah ngeblock semua produk mereka memalui distro utama untuk tidak menjual kepada viraindo, karena hal tersebut)
Satu hal lagi, soal netbook. Acer aspire one ngadain promo, mereka cuci gudang untuk netbook N270 mereka, dilepas seharga $350 per piece. Pembelian 25pc, dapet cash back 1,5juta. Pembelian 50pc, dapet gratis 1 unit.
Viraindo ambil 50pc (dapetnya jadi 51pc), jadi harga satuannya (modal) 350x50:51 = $343. Mereka jual di harga 3,497juta (per hari ini).
Jelas-jelas ini menghalangi toko lain bersaing....toko lain yang ga punya modal sebesar viraindo gak bakal sanggup membeli putus 50unit (ga berani nyetok sampe sebanyak itu). Toko yang hanya menyetok 2-3pieces gak bisa bersaing, wong vira jual di bawah harga retail (350$).
Sewa toko di mangga dua sekitar 400juta per 10tahun (seukuran viraindo gitu). jadi 40juta per tahun, atau 3,3juta per bulan. Anggap aja toko buka sekitar 24 hari, maka beban operasional mereka dalam sehari Rp 137.500 (dibulatkan aja menjadi 140.000). Harga ini belum termasuk listrik, air (900ribu per bulan) dan gaji karyawan (1juta per karyawan). Kira-kira dalam sehari, satu toko membutuhkan keuntungan sekitar 200ribu minimal, inipun hanya menutup modal. Kalo satu barang untungnya cuma 2500 perak, mau jualan seharianpun gak bakal kuat nembus 200ribu.
Viraindo sih anteng-anteng aja..coz mereka udah tenar, udah punya banyak konsumen...tapi bukan berarti dia market leader trus berhak ngatur harga sendiri kan?
Dengan cara ini mereka berusaha untuk merebut hati konsumen, dengan tidak mempedulikan pedagang lain nya....what a dirty trick, i thought.
**Sebenernya hal ini ga bisa disiarin ke publik, karena ini hanyalah seberkas kertas hitam ditengah-tengah maraknya persaingan industri komputer saat ini. Cuma saya sebagai pedagang dan user sendiri, gak bisa nyimpen hal ini sendirian, kasian ama pedagang-pedagang kecil yang lain**
Saya cuma ingin menyampaikan, HAK untuk membeli itu terserah kalian, mau di toko mana aja, CUMA saya meminta agar VIRAINDO hanya dijadikan sebagai harga patokan, belilah di toko lain, walaupun harga lebih mahal 10ribu atau 20ribu, tapi itu sudah cukup membantu buat toko tersebut untuk bertahan hidup.
Saya ga menyebutkan toko temen-temen saya itu, ntar dikira promosi lagi. Cuma inilah sebagian cerita kelam di mangdu mall.
semoga bisa menjadi masukan, mohon maaf kalo kata-katanya tajem, ya memang begitu adanya
=====
Belum pernah belanja di Vira****.com lebih sering belanja ke
Rak**an.com. dari awal kenal ma site nya Vira, mang udah nggak
sreg...sebagai newbie pada waktu itu, (saya cuma tahu toko online di
Mangga dua Ivanstech, rakitan dan Vira.) saya pikir kok bisa harganya
semurah itu... beda jauh ama toko lain. dan untuk kecurigaan tersebut,
saya putuskan untuk tidak belanja di sana(Vira****). Mengenai strategi
marketingnya, saya nggak bisa menyalahkan Vira. itu hak mereka. selagi
mereka meraih untung, kenapa tidak. toh tidak ada yang salah dalam
praktek bisnis ke gini..!, itu dari sudut ekonom. namun dari pri etika
ke-seller-an, tentunya apa yang dilakukan ama Vira bukanlah hal yang
baik. membunuh lawan main dengan cara yang nggak sehat... urg....,
Saya setuju dengan pendapat Momod Aldi, dan mas Wahyu, murah bukan berarti baik..., bagi buyer online kek saya, pelayanan adalah hal yang utama. itu yang membuat saya jadi pelanggan tetap di Rakitan.com.
satu lagi yang lupa saya tulis, bukan bermaksud menjelekkan Vira., Temen pernah punya pengalaman yang nggak mengasikkan dengan after sales servicenya.
So, buat yang belanja online ke saya, Mahal sedikit nggak papa, asalakan pelayanan dan service yang anda dapatkan memuaskan.
Best regard
Prahasta
Saya setuju dengan pendapat Momod Aldi, dan mas Wahyu, murah bukan berarti baik..., bagi buyer online kek saya, pelayanan adalah hal yang utama. itu yang membuat saya jadi pelanggan tetap di Rakitan.com.
satu lagi yang lupa saya tulis, bukan bermaksud menjelekkan Vira., Temen pernah punya pengalaman yang nggak mengasikkan dengan after sales servicenya.
So, buat yang belanja online ke saya, Mahal sedikit nggak papa, asalakan pelayanan dan service yang anda dapatkan memuaskan.

Best regard
Prahasta
=====
bgini...kenapa hampir semua barang murah yang ada di vira gak ada?
mungkin juga itu adalah strategi vi**ind* untuk menjatuhkan image seller laen dengan memajang harga yg lebih murah tetapi barang not ready stock, menurutku itu dah gaya kuno yg selalu diterapkan kebanyakan toko2. dari sudut pandang buyer, menurutku yg terpenting adalah segi pelayanannya dari seller/reseller masing-masing yg akan berhubungan dengan kepercayaan tiap2 buyer sebelum menjadi seorang pelanggan. sebagai pribadi seorang buyer harusnya lebih berpikir jauh ke belakang, buat apa harga lebih murah tapi ada kemungkinan timbul masalah/resiko di-after salesnya? lebih baik ambil barang mahal (asal msh bisa ditoleransi) dari toko/reseller yang udah jadi langganan kita kan?
jadi pada intinya seller/reseller harus berlomba di PELAYANAN, KUALITAS & bisa menumbuhkan KEPERCAYAAN seorang buyer.
====
Disalin dari http://www.koc2.com/it-watchdog/6104-viraindo-virajaya-trick/
4 comments:
saya pernah pas belanja. sebelum di vira. sempat survey harga toko lain. ad jg koq yg di vira lebih mahal. bru pertama x belanja dsana. krena tmn2 sering ngmong ttg vira di kntor
dalam dagang ada istilah subsidi silang. toko berhak ngebom harga tapi juga berha menaikkan harga barang lain. ini bukan trick namun strategi yang harus di akui kehebatannya. memang begitulah dagang ada untung ada rugi, klo mau untung terus jangan berdagang lebih baik kerja ikut orang krn ga akan pernah rugi.
thanks infonya gan.
OBAT HIPERTIROID
berdagang seperti rasullulah,, gak terlalu banyak ambil untung,,,
Post a Comment